MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGURANGAN BILANGAN MENGGUNAKAN WORDWALL BAGI PESERTA DIDIK GANGGUAN SPECTRUM AUTISME

Penulis

  • Shella Dwi Salbilah Universitas Negeri Padang
  • Rahmahtrisilvia Universitas Negeri Padang
  • Mega Iswari Universitas Negeri Padang
  • Gaby Arnez Universitas Negeri Padang
  • Safaruddin Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Pengurangan Bilangan, Wordwall, Peserta Didik Gangguan Spektrum Autisme, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan pengurangan bilangan bagi peserta didik Gangguan Spectrum Autisme (GSA) dengan menggunakan wordwall. Media pembelajaran berupa wordwall yang merupakan media pembelajaran variasi dari media yang digunakan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan 3 peserta didik GSA di SLB Autisma YPPA Padang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan nilai matematika yang didapatkan, peserta didik GSA mendapatkan nilaiyang tidak mencukupi nilai KKM. Untuk itu untuk meningkatkan kemampuan pengurangan bilangan, peneliti bersama guru menggunakan wordwall sebagi media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pengurangan bilangan menggunakan wordwall bagi peserta didik GSA dapat meningkat. Pada hasil akhir Siklus I didapatkan hasil rata-rata bahwa MI 55%, ZH 59,5% dan AC 58%. Pada hasil akhir siklus II didapatkan bahwa oleh MI 89%, ZH 89,25% dan AC 84,50%. Dari hasil akhir tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan wordwall, kemampuan pengurangan bilangan satu angka dengan bilangan satu angka peserta didik GSA dapat meningkat dan layak di terapkan dalam pembelajaran di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30