PENGEMBANGAN MATERI PAI DAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Kata Kunci:
Pengembangan Materi, Keterampilan Dasar Mengajar, Karakter Siswa, Penelitian PAI, Inovasi Pembelajaran, Kualitas PembelajaranAbstrak
Pengembangan materi serta keterampilan dasar mengajar merupakan dua komponen penting dalam pendidikan. Pengembangan materi termasuk proses yang mencakup seluruh komponen dalam bidang pendidikan. Seperti pengembangan mutu sumber daya manusia, kurikulum, proses pembelajaran, serta sarana dan prasarana. Sedangkan keterampilan dasar merupakan keterampilan standar yang harus dimiliki oleh individu yang berprofesi sebagai guru. Dalam pendidikan agama Islam (PAI) keduanya memiliki peran penting, terlebih dalam pendidikan umum seperti SD, SMP, SMA dan SMK agar tercapainya tujuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membentuk karakter siswa yang beriman, berakhlak mulia, serta bermoral. Guru tidak hanya menyampaikan pemahaman materi semata, tetapi juga harus mampu membentuk karakter dan moral yang baik. Namun, pencapaian tujuan tersebut banyak terhambat oleh beberapa faktor seperti sarana dan prasarana, lingkungan, dan bahkan dari guru serta siswa itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukannya inovasi pengembangan materi terkhususnya dalam PAI, salah satunya pengembangan berbasis penelitian, agar pembelajaran tidak hanya bersifat dogmatis, tetapi juga dapat membangun pemahaman aplikatif terhadap ajaran Islam yang diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang religius, berpikir kritis dan inovatif. Lalu melalui pemahaman keterampilan dasar mengajar ini, menjadi komponen penting yang harus dimiliki oleh guru, dan dapat dibentuk melalui proses pendidikan dan pelatihan seperti Micro Teaching sebelum nantinya terjun ke dalam praktik dunia pendidikan.
Material development and basic teaching skills are two important components in education. Material development includes a process that covers all components in the field of education. Such as developing the quality of human resources, curriculum, learning process, and facilities and infrastructure. While basic skills are standard skills that must be possessed by individuals who work as teachers. In Islamic religious education (PAI) both have an important role, especially in general education such as elementary, middle, high and vocational schools in order to achieve the goal of improving the quality of learning and forming the character of students who are faithful, have noble character, and are moral. Teachers do not only convey an understanding of the material, but must also be able to form good character and morals. However, the achievement of these goals is hampered by several factors such as facilities and infrastructure, the environment, and even from the teachers and students themselves. Therefore, innovation in material development is needed, especially in PAI, one of which is research-based development, so that learning is not only dogmatic, but can also build an applicable understanding of Islamic teachings which are expected to produce a young generation that is religious, critical thinking and innovative. Then, through understanding basic teaching skills, it becomes an important component that teachers must have, and can be formed through education and training processes such as Micro Teaching before later entering the world of education practice.