PENGENALAN SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MINIATUR RUMAH ADAT BOLON: PENDEKATAN INTERAKTIF UNTUK SISWAA KELAS IV-A SDN 106161 LAUT DENDAN

Penulis

  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Mardhiyah Kharismayanda Universitas Negeri Medan
  • Putri Marsya Universitas Negeri Medan
  • Putri Hartini Ningsih Universitas Negeri Medan
  • Nisa Alfina Zahra Universitas Negeri Medan
  • Novia Raya Naomi S Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Etnomatematika, Rumah Adat Tradisional, Bangun Datar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan sifat-sifat bangun datar kepada siswa kelas IV-A di SDN 106161 Laut Dendang melalui penggunaan miniatur rumah adat Bolon dengan pendekatan interaktif. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika sekaligus memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sampel sebanyak 30 siswa kelas IV-A. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan miniatur rumah adat Bolon sebagai media pembelajaran secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun datar. Selain itu, observasi menunjukkan partisipasi siswa yang tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, pendekatan interaktif berbasis miniatur rumah adat Bolon terbukti menjadi metode yang efektif dalam mengajarkan konsep matematika kepada siswa kelas IV-A di SDN 106161 Laut Dendang.

This study aims to introduce the properties of plane shapes to Grade IV-A students at SDN 106161 Laut Dendang through the use of Bolon traditional house miniatures with an interactive approach. This approach is designed to enhance students' understanding of mathematical concepts while simultaneously introducing local cultural values. The research employed a qualitative method, with a sample of 30 students from Grade IV-A. The research method utilized was qualitative, with direct observation techniques. The results of the study indicate that the use of Bolon traditional house miniatures as a teaching medium significantly improved students' understanding of plane shape concepts. Additionally, observations revealed high student participation during the learning process. Therefore, the interactive approach based on Bolon traditional house miniatures has proven to be an effective method for teaching mathematical concepts to Grade IV-A students at SDN 106161 Laut Dendang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30