PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN 1 BATANG HARI
Kata Kunci:
Pembelajaran, Metode, Contextual Teaching And Learning, Al-Qur’an HaditsAbstrak
Penelitian yang dilakukan ini, bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji pembelajaran dengan metode contextual teaching and learning pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 1 Batang Hari berkaitan dengan penerapan, hambatan dan cara mengatasi hambatan yang dialami semasa penerapannya Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian pendidik sebagai sumber informasi atau informan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dalam pembelajaran ini penerapan metode contextual teaching and learning pada mata pelajaran Al- Qur'an Hadits d MAN 1 Batang Hari sudah sesuai dengan pedoman yang peneliti pelajari dengan menggabungkan metode tersebut dengan beberapa jenis media pembelajaran demi mendukung pembelajaran yang optimal. Contextual teaching and learning dalam penerapannya pada pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN 1 Batang Hari memberikan dampak signifikan terhadap pembelajaran dan peserta didik akan lebih aktif dalam pembelajaran tersebut.
This research, aims to describe and study learning with the contextual teaching and learning method in the subject of the Qur'an Hadith in Madrasah Aliyah Negeri 1 Batang Hari related to the application, obstacles and ways to overcome the obstacles experienced during its application in this study, Researchers use qualitative methods with educator research subjects as a source of information or informants. From the results of the research conducted, in this learning the application of the Contextual Teaching and Learning method in the subject of Al-Qur'an Hadith D MAN 1 Batang Day is in accordance with the guidelines that researchers learn by combining these methods with several types of learning media to support optimal learning. Contextual Teaching and Learning In its application in learning Al-Qur'an Hadith in MAN 1 Batang Hari has a significant impact on learning and students will be more active in the learning.