STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 006 PALARAN
Kata Kunci:
Strategi Kepala Sekolah, Mutu PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bagaimana strategi kepemimpinan dalam sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 006 Palaran. Sebagai seorang pemimpin sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah harus mempunya berbagai macam strategi didalam lingkungan sekolah terdapat kinerja dan hasil yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif, studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya sebagai seorang pemimpin sekolah harus mempunyai perencanaan dengan menyelenggarakan program-program sekolah yang strategis, melakukan pelaksanaan program agar dapat meningkatkan kedisiplinan sekolah, meningkatkan nilai Ujian Nasional, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan bekerja sama dengan masyarakat. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya berdampak bagi guru-guru saja, namun juga meningkatkan pada kualitas anak-anak disekolah sehingga mendaptkan nilai-nilai yang bagus, memperoleh anak-anak yang berprestasi dalam berbagai lomba. Penelitian ini menyimpulkan bahwasannya seorang kepemimpinan dalam suatu sekolah sangat mempunyai peran yang penting bagi meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas dan strategi ini bisa diterapkan di sekolah lain maupun lembaga pendidikan.
This study aims to develop how school leadership strategies improve the quality of education at Elementary School 006 Palaran. As a school leader in improving the quality of education, schools must have various strategies in the school environment to have satisfactory performance and results. This study uses a qualitative research type, case study. Data collection was carried out by observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that as a school leader, you must have a plan by organizing strategic school programs, implementing programs in order to improve school discipline, improve National Examination scores, hold extracurricular activities and work together with the community. The principal's strategy in improving the quality of education not only has an impact on teachers, but also improves the quality of children in schools so that they get good grades, get children who excel in various competitions. This study concludes that a leader in a school has a very important role in improving the quality of quality education and this strategy can be applied in other schools and educational institutions.