PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KINERJA GURU LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU SINDANG SARI KOTA SAMARINDA
Kata Kunci:
Gaya Kepemimpinan, Manajemen Kepala Madrasah, Kinerja GuruAbstrak
Kinerja guru menjadi penentu mutu pendidikan. Penurunan kualitas kinerja guru dapat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan dan manajemen kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui, 1) ada atau tidak pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 01 Sindang Sari Kota Samarinda, 2) ada atau tidak pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 01 Sindang Sari Kota Samarinda, 3) ada atau tidak pengaruh gaya kepemimpinan dan manajemen kepala sekolah secara bersamaan terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 01 Sindang Sari Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 30 orang guru di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 01 Sindang Sari Kota Samarinda sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian akan mengisi kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh diolah dengan berbantuan software IBM SPSS Statistic 26 untuk menganalisis regresi linier berganda. Hasil penelitian pada SPSS menunjukkan, 1) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 01 Sindang Sari Kota Samarinda dengan nilai sig. 0.00 < 0.05, 2) terdapat pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 01 Sindang Sari Kota Samarinda dengan nilai sig. 0.040 < 0.05, 3) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan dan manajemen kepala sekolah secara bersamaan terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 01 Sindang Sari Kota Samarinda dengan nilai sig. 0.00 < 0.05. Penelitian ini dapat menjadi pedoman sekolah untuk mengoptimalkan faktor-faktor yang berdampak pada kinerja guru.
Teacher performance determines the quality of education. The decline in the quality of teacher performance can be influenced by the leadership and management style of the school principal. This research aims to find out, 1) whether or not there is an influence of leadership style on teacher performance at the Ma'arif NU 01 Sindang Sari Educational Institution, Samarinda City, 2) whether or not there is an influence of principal management on teacher performance at the Ma'arif NU 01 Sindang Educational Institution Sari City of Samarinda, 3) whether or not there is an influence of the school principal's leadership and management style simultaneously on teacher performance at the Ma'arif NU 01 Sindang Sari Educational Institution, Samarinda City. This research is a quantitative research with 30 teachers under the auspices of the Ma'arif NU 01 Sindang Sari Education Institute, Samarinda City as research subjects. Research subjects will fill out a questionnaire as a data collection technique. The data obtained was processed with the help of IBM SPSS Statistics 26 software to analyze multiple linear regression. The results of research on SPSS show, 1) there is an influence of leadership style on teacher performance at the Ma'arif NU 01 Sindang Sari Education Institute, Samarinda City with a sig. 0.00 < 0.05, 2) there is an influence of principal management on teacher performance at the Ma'arif NU 01 Sindang Sari Education Institute, Samarinda City with a sig value. 0.040 < 0.05, 3) there is an influence of the principal's leadership and management style simultaneously on teacher performance at the Ma'arif NU 01 Sindang Sari Education Institute, Samarinda City with a sig value. 0.00 < 0.05. This research can serve as a guide for schools to optimize factors that have an impact on teacher performance.