PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI IPS DI MI/SD: TINJAUAN LITERATUR
Kata Kunci:
Media, Pembelajaran Interaktif, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Pendidikan adalah faktor utama dalam membentuk karakter dan kemampuan peserta didik. Di tingkat dasar, ilmu pengetahuan sosial memiliki peran penting dalam membangun wawasan sosial siswa, mencakup geografi, sejarah, ekonomi dan budaya. Namun proses pembelajaran IPS sering menghadapi tantangan dalam menyampaikan materi yang abstrak dan kompleks dengan cara yang menarik. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah pengembangan media pembelajaran interaktif. Media ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman materi, dan memungkinkan siswa belajar secara mandiri serta lebih aktif melalui teknologi. Oleh karenanya, dalam artikel ini penulis mengambil 3 rumusan masalah. Yaitu bagaimana konsep dan prinsip dari media pembelajaran interaktif, kemudian apa peran media interaktif dalam meningkatkan pemahaman materi IPS dan yang terakhir bagaimana strategi dan pengembangan dan implementasi media pembelajaran interaktif di SD atau MI. Kemudian metode yang penulis gunakan dalam artikel ini yaitu studi literatur. Kemudian jenis dari penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Simpulan singkat dari artikel ini yaitu inti konsep dari media pembelajaran interaktif ini adalah terjalinnya komunikasi antara murid dan guru, agar komunikasi tersebut dapat terjalin, maka media yang digunakan perlu dikembangkan dan diplikasikan menggunakan strategi yang tepat. Agar yang dihasilkannya memuaskan sesuai dengan harapan.
Education is the main factor in shaping the character and abilities of students. At the elementary level, social studies play an important role in building students' social awareness, encompassing geography, history, economics, and culture. However, the process of learning social studies often faces challenges in delivering abstract and complex material in an engaging manner. One solution to address this issue is the development of interactive learning media. This media can enhance student engagement, facilitate material comprehension, and enable students to learn independently and more actively through technology. Therefore, in this article, the author formulates 3 research questions. Namely, how the concepts and principles of interactive learning media, then what role interactive media play in enhancing the understanding of social studies material, and finally, how to strategize, develop, and implement interactive learning media in elementary schools or Islamic elementary schools. The method used by the author in this article is literature study. Then the type of this research is qualitative research. A brief conclusion from this article is that the core concept of this interactive learning media is the establishment of communication between students and teachers. In order for this communication to be established, the media used needs to be developed and applied using the right strategy. So that the results are satisfactory and meet expectations.