PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA TONGKAT AJAIB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI SMPN 1 NAMORAMBE
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Talking StickAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan media tongkat ajaib terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 1 Namorambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian quasi eksperimen berupa nonequivalent control group design. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode post-test soal pilihan ganda. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis adalah teknik analisis uji t independen (T-test). Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran talking stick memberikan dampak terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 1 Namorambe, dan rata- rata skor hasil belajar kelas kontrol sebesar 76,67. Sedangkan rata-rata skor hasil belajar pada pendidikan eksperimen sebesar 87,33. Hasil statistik inferensial dengan menggunakan SPSS versi 20 menghasilkan nilai thitung > ttabel yaitu 7,356 > 1,697 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick dengan menggunakan media tongkat ajaib memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 1 Namoranbe.
This research aims to determine the effectiveness of the Talking Stick learning model using Magic Stick media on students' cognitive learning outcomes in class VII Civics at SMP Negeri 1 Namorambe. This research uses a quantitative approach with the nature of experimental research and uses a quasi-experimental research design in the form of nonequivalent control group design. The sampling method in this research was purposive sampling. The data collection method in this research is the multiple choice question test method. The data analysis technique in hypothesis testing is the independent t test analysis technique (T-test). Based on the results of the descriptive analysis, it shows that the speaking stick learning model has an impact on students' cognitive learning outcomes in class VII PPKn subjects at SMPN 1 Namorambe, and the average score for control class learning outcomes is 76.67. Meanwhile, the average learning outcome score in experimental education was 87.33. The results of inferential statistics using SPSS version 20 produce a calculated tvalue > ttable, namely 7.356 > 1.697, so H0 is rejected and Ha is accepted. Based on the test results, it can be concluded that the speaking stick learning model using magic stick media has a significant influence on student learning outcomes in class VII Civics at SMPN 1 Namoranbe.