PENERAPAN MANAJEMEN PERUBAHAN DI SEKOLAH SMK NEGERI 2 BOJONEGORO
Kata Kunci:
Penerapan Manajemen, Perubahan Sekolah, Kepala SekolahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi perubahan oleh kepala sekolah dalam pengambilan keputusan, perencanaan perubahan oleh kepala sekolah, implementasi perubahan oleh kepala sekolah, evaluasi perubahan oleh kepala sekolah, faktor Pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen perubahan oleh kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana pendidikan, keuangan, humas, guru atau wali kelas, guru pembina ekstra kulikuler, guru bimbingan dan konseling. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Identifikasi perubahan oleh kepala sekolah dalam pengambilan keputusan kepala sekolah yang berorientasi pada tugas dan berorientasi pada manusia secara struktural, dan organisatoris, kemampuan manajerial terkait dengan efektifitas pengelolaan sekolah mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan perubahan yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah mengubah tata sosial dan mengatur perubahan sosial, Implementasi perubahan oleh kepala sekolah, mendiagnosis keadaan, baik yang menyangkut kekuatan, kelemahan, ancaman maupun peluang dan keunggulannya, Evaluasi perubahan oleh kepala sekolah dilaksanakan secara demokratis merupakan professional seorang pemimpin, Pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen perubahan yang di hadapi oleh kepala sekolah tidak bisa di pisahkan dalam perubahan manajemen
The research aims to discover identification conducted by the principal in making decision, plan conducted by the principal, implementation conducted by the principal, evaluation conducted by the principal, supporting and inhibiting foctors in applying the change management encounterd by the principal The research employed qualitative descriptive method. The research was conducted in SMKN 2 Bojonegoro. The data sources of the research ware the principal vice principal of curriculum, student affairs, education facility, finance, public relation, teachers or homeroom teachers, teachers who coached extracurricular, guidance and conseling teachers. The data ware collected by using interview, observation, and documentation technique. The data validity was checked by using credibility test, namely triangulation and source triangulation.The results of the research reveal thet identification conducted by the principal in making decision was oriented on task and human structurally and organizationally, managerial ability related to the effectiveness of school management started from planning, organizing, implementing, and supervision, plan conducted by the principal ware changed social order and organizing social change, implementation conducted by the principal was diagnosed the situation whether it was related to power, weakness, threat, or opportunity, and superiority, evaluation conducted by the principal was conducted democratically which was the professionalism of a leader, supporting and inhibiting foctors in applying the change management encounterd by the principal could not be separated from the change management.