FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI
Kata Kunci:
Faktor Eksternal, Faktor Internal, Prestasi BelajarAbstrak
Jon A. L. Yame, NIDN 1520108901, Judul penelitian”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Masalah dalam penelitian ini adalah berapa besar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi PGSD. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sedangkan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui kuisioner. Teknik analisis data adalah teknik Regresi Linear Sederhana dengan rumus : Y = a + bx dan regresi linear berganda dengan rumus : Y = a + b1X1 + b2X2. Hasil penelitian bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Dimana adanya pengaruh antara faktor internal dengan hasil belajar sebesar 0,886 dengan uji korelasi r hitung lebih besar dengan r tabel yaitu 0,886 > 0,355 dan pengaruh antara faktor eksternal terhadap Prestasi mahasiswa sebesar 0,625 dengan uji korelasi r hitung lebih besar dengan r tabel yaitu 0,652 > 0,355 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Faktor Internal dan Eksternal Terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Jon A. L. Yame, NIDN 1520108901, Research title "Factors Affecting Student Achievement in Elementary School Teacher Education Study Program. The problem in this study is how much the Factors Affecting Student Achievement in Elementary School Teacher Education Study Program. The purpose of this study is to determine the Influence of Internal and External Factors on the learning achievement of students in the Elementary School Teacher Education Study Program. This research is associative research. The types of data used are qualitative data and quantitative data. While the data sources are primary data and secondary data. The data collection technique is through a questionnaire. The data analysis technique is the Simple Linear Regression technique with the formula: Y = a + bx and multiple linear regression with the formula: Y = a + b1X1 + b2X2. The results of the study showed that there was a positive and significant influence between Internal and External Factors on Student Achievement. Where there is an influence between internal factors and learning outcomes of 0.886 with a correlation test of r count greater than r table, namely 0.886> 0.355 and the influence between external factors on student achievement of 0.625 with a correlation test of r count greater than r table, namely 0.652> 0.355 so that it can be concluded that there is a positive and significant influence between Internal and External Factors on student learning achievement.