OPTIMALISASI PRAKTIK TEKNIK – TEKNIK DALAM SUPERVISI PENDIDIKAN

Penulis

  • Roudhotun Ni’mah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Wafiq Ulin Nuha Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kata Kunci:

Teknik Supervisi, Pendidikan, Ptaktik

Abstrak

Educational supervision is a series of activities that monitor, guide, and stimulate learning activities to improve the quality of education. There are various supervision techniques that supervisors can use on individuals or groups. Individual supervision methods include: Class visits, Class observations, Individual meetings, Class visits, Self-evaluation. Group supervision methods consist of: Committees, Work groups, Demonstration learning Panel discussions, Teacher meetings, Workshops. This study uses a library research method. By obtaining from various sources, namely: books, journals, articles, and book chapters. The purpose of this study is so that supervisors in choosing methods do not depend on the objectives of the supervision to be achieved, but also the situation and conditions of teachers who must adapt during monitoring.

Supervisi pendidikan adalah serangkaian kegiatan yang memantau, membimbing, dan merangsang kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan. Ada berbagai teknik supervisi yang dapat digunakan supervisor terhadap individu atau kelompok. Metode supervisi individu meliputi: Kunjungan kelas, Observasi kelas, Pertemuan individu, Kunjungan kelas, Evaluasi diri. Metode supervisi kelompok terdiri dari: Komite, Kelompok pekerjaan, Pembelajaran demonstrasi Diskusi panel, Pertemuan guru, Workshop. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Dengan memperoleh dari berbagai sumber yakni: buku, jurnal, artikel, dan book chapter. Tujuan dari penelitian ini agar para supervisor dalam pemilihan metode tidak bergantung pada tujuan supervisi yang ingin dicapai, tetapi juga situasi dan kondisi guru yang harus beradaptasi saat pemantuan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29