PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR DENGAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Putu Zyra Aurelia Putri STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Komang Dika Surya Dewi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Luh Putu Sensa Yudiantini STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Putu Candra Prastya Dewi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Konvensional, Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar (SD), Media Pembelajaran Interaktif, Keterlibatan siswa, Metode R&D

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyempurnakan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar (SD) sehingga media pembelajaran yang digunakan lebih interaktif. Pada penelitian yang dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara bersama guru wali kelas V SD Negeri 4 Kayuputih Melaka serta menganalisis langsung melalui proses pembelajaran bersama siswa, peneliti menemukan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar (SD) kerap sekali menggunakan pendekatan konvensional, yang menyebabkan kurangnya minat dan keterlibatan siswa dalam belajar. Pada penelitian ini, peneliti mencoba mengembangkan dan menyempurnakan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini Reseach and development (R&D) dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru maupun siswa dalam melakukan proses belajar serta dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD.

This article aims to develop and improve learning media, especially in the subject of Pancasila Education in Primary Schools (SD) so that the learning media used are more interactive. In the research conducted through field observations and interviews with the fifth grade teacher of SD Negeri 4 Kayuputih Melaka and analyzing directly through the learning process with students, researchers found that learning Pancasila Education in elementary schools often uses a conventional approach, which causes a lack of student interest and involvement in learning. In this study, researchers tried to develop and refine Interactive Learning Media (MPI) to overcome these problems. The method used in this research is Research and development (R&D) with a descriptive approach. The results of this study are expected to be useful for teachers and students in carrying out the learning process and can be a solution to increase the effectiveness of Pancasila Education learning in elementary schools.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29