EFEKTIVITAS MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA TULIS

Penulis

  • Nor Hamidah Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang

Kata Kunci:

Efektivitas, Loose Part, Motivasi Belajar

Abstrak

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Media Loose Part untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Tulis dapat disimpulkan bahwa pada saat belum menggunakan media Loose Part pada pembelajaran, kondisi perkembangan motorik halus dan motivasi belajar anak nak masih banyak yang berada pada kategori mulai berkembang dan masih ada juga anak yang berada pada kategori belum berkembang. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata kondisi awal 10 anak (67 %), belum berkembang, 4 anak (26,6%), mulai berkembang dan 1 anak 9 (6,4%) berkembang sesuai harapan. Disimpulkan setelah diberlakukan pembelajaran dengan pemanfaatan media Loose Part, minat belajar anak jadi lebih meningkat, anak termotivasi ketika guru menggunakan media loose part. kemampuan motorik halus anak meningkat. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh setelah pembelajaran dengan menggunakan media Loose Part, yaitu 5 anak (33,4 %) berkembang sangat baik, 9 anak (60 %) berkembang sesuai harapan dan 1 anak (6,6) mulai berkembang.

The results of the study indicate that the Effectiveness of Loose Part Media to Increase Learning Motivation and Fine Motor Skills of Group B Children at Pembina Tulis State Kindergarten can be concluded that when not using Loose Part media in learning, the condition of fine motor development and learning motivation of children is still in the category of starting to develop and there are still children who are in the category of not yet developing. In the experimental class, an average initial condition of 10 children (67%) has not developed, 4 children (26.6%) are starting to develop and 1 child 9 (6.4%) is developing according to expectations. It is concluded that after implementing learning with the use of Loose Part media, children's interest in learning has increased, children are motivated when teachers use loose part media. children's fine motor skills have increased. This can be seen from the data obtained after learning using Loose Part media, namely 5 children (33.4%) are developing very well, 9 children (60%) are developing according to expectations and 1 child (6.6) is starting to develop.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29