PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KOTO GASIB, KABUPATEN SIAK
Kata Kunci:
Keterampilan Servis Atas, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Model Reciprocal TeachingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan servis atas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Permasalahan yang dihadapi adalah kurang adanya daya tarik peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas karena tidak adanya model pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik tidak efektif maupun tidak efesien. Studi ini melibatkan siswa kelas XI-5 SMA Negeri 1 Koto Gasib selama dua bulan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, serta penggunaan instrument modul pembelajaran dan tes keterampilan servis atas siswa. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif mencakup perhitungan persentase keterampilan servis atas siswa, sementara analisis kualitatif berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan servis atas siswa dari Pre-Test ke Siklus I dan Siklus II. Persentase keterampilan servis atas siswa meningkat dari 6,66% siswa yang melakukan servis dengan kategori Baik dan 53,38% siswa yang melakukan servis dengan kategori Cukup pada Pre-Test. Menjadi 16,65% siswa yang melakukan servis dengan kategori Baik dan 66,6% siswa yang melakukan servis dengan kategori Cukup pada Siklus I. Dan 30,07% siswa yang melakukan servis dengan kategori Baik dan 63,27% siswa yang melakukan servis dengan kategori Cukup pada Siklus II. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan keterampilan servis atas, meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran PJOK di sekolah menengah atas