PROBLEMATIKA KEGIATAN TADAARUS AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ASY-SYARIF MTsS KOTO LAWEH KABUPATEN AGAM
Kata Kunci:
Problematika, Tadaarus, SolusiAbstrak
Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah problematika kegiatan tadaarus Al-Qur’an Kelas VIII di Pondok Pesantren Asy-Syarif MTsS Koto Laweh Kabupaten Agam, yang mana disekolah ini sudah menerapkan kegiatan tadaarus Al-Qur’an namun didalam pelaksanaannya dijumpai beberapa masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan tadaarus Al-Qur’an kelas VIII di Pondok Pesantren Asy-Syarif MTsS Koto Laweh, untuk mendeskripsikan problematika dalam kegiatan tadaarus Al-Qur’an kelas VIII di Pondok Pesantren Asy-Syarif MTsS Koto Laweh, serta untuk mengemukakan solusi dari problematika kegiatan tadaarus Al-Qur’an kelas VIII di Pondok Pesantren Asy-Syarif MTsS Koto Laweh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis membutuhkan informan kunci dan informan pendukung untuk mendapatkan data. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian problematika kegiatan tadaarus Al-Qur’an kelas VIII Pondok Pesantren Asy-Syarif MTsS Koto Laweh yaitu meliputi: a) kurangnya minat, semangat dan kesadaran peserta didik dalam kegiatan tadaarus, b) kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar dalam kegiatan tadaarus, c) terbatasnya sarana dan prasarana dalam kegiatan tadaarus. Adapun solusi terhadap masalah tersebut yaitu meliputi: a) meningkatkan minat, semangat dan kesadaran peserta didik dalam tadaarus, b) meningkatkan dukungan serta memelihara lingkungan sekitar yang sehat, c) meningkatkan sarana dan prasarana untuk kegiatan tadaarus.