ANALISIS KOGNITIF SISWA DALAM MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA PECAHAN CAMPURAN, BIASA, DAN DESIMAL DI KELAS VI SD ISLAMIYAH MEDAN

Penulis

  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Doni Irawan Saragih Universitas Negeri Medan
  • Marwah Afifah Tanjung Universitas Negeri Medan
  • Erlina Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Santi Silaen Universitas Negeri Medan
  • Kornelia Efifani Br Tarigan Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pecahan Campuran, Pecahan Biasa, Desimal, Pemahaman Siswa, Metode Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman siswa kelas VI SD Islamiyah Medan terhadap konsep pecahan campuran, pecahan biasa, dan desimal. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dengan visualisasi di papan tulis, diikuti dengan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu memahami dan menerapkan konsep konversi antar bentuk pecahan. Namun, beberapa siswa masih mengalami kesulitan, terutama dalam konversi pecahan campuran ke pecahan biasa dan desimal. Hal ini mengindikasikan adanya perbedaan pemahaman kognitif antar siswa. Metode pembelajaran yang digunakan efektif bagi siswa yang visual, namun kurang optimal bagi siswa yang membutuhkan pendekatan yang lebih interaktif.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31