ANALISIS KOGNITIF SISWA DALAM MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA PECAHAN CAMPURAN, BIASA, DAN DESIMAL DI KELAS VI SD ISLAMIYAH MEDAN
Kata Kunci:
Pecahan Campuran, Pecahan Biasa, Desimal, Pemahaman Siswa, Metode PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman siswa kelas VI SD Islamiyah Medan terhadap konsep pecahan campuran, pecahan biasa, dan desimal. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dengan visualisasi di papan tulis, diikuti dengan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu memahami dan menerapkan konsep konversi antar bentuk pecahan. Namun, beberapa siswa masih mengalami kesulitan, terutama dalam konversi pecahan campuran ke pecahan biasa dan desimal. Hal ini mengindikasikan adanya perbedaan pemahaman kognitif antar siswa. Metode pembelajaran yang digunakan efektif bagi siswa yang visual, namun kurang optimal bagi siswa yang membutuhkan pendekatan yang lebih interaktif.
Unduhan
Diterbitkan
2024-10-31
Terbitan
Bagian
Articles