PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MAMPU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN SOAL CERITA
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Operasi Hitung Bilangan, Soal CeritaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pembelajaran matematika dengan paradigma Problem Based Learning (PBL) terhadap informasi tata cara menghitung bilangan yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Penelitian dilakukan pada siswa sekolah dasar (SD) dengan menggunakan metodologi tinjauan pustaka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PBL dapat menumbuhkan lingkungan belajar yang aktif dan berpusat pada siswa di mana siswa lebih terlibat dalam pembelajaran, terdorong untuk memecahkan masalah, dan mampu menerapkan konsep matematika pada keadaan dunia nyata. Selain itu, pendekatan PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa sehingga berdampak pada hasil belajar. Studi ini menyarankan penggunaan metodologi pembelajaran yang menarik dan berbasis pemecahan masalah untuk membantu anak-anak memahami ide-ide dasar matematika.