ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP PERUBAHAN ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD

Penulis

  • Shendy Alfiana Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Triman Juniarso Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Amelia Widya Hanindita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Kata Kunci:

kesulitan siswa, perubahan energi, dan pemahaman

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kesulitan belajar siswa dalam pemahaman konsep perubahan energi. Memahami konsep perubahan energi sangat penting untuk pembelajaran IPA karena membentuk dasar untuk memahami fenomena alam yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep perubahan energi. Perubahan energi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi siswa, wawancara guru, dan tes penguasaan konsep materi perubahan energi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam memahami konsep perubahan energi meliputi pemahaman yang rendah terhadap konsep perubahan energi. Faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan siswa termasuk kurangnya minat belajar siswa, pemahaman siswa terhadap materi, rasa percaya diri siswa serta kondisi sehat fisik siswa. Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perubahan energi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31