PENGARUH PENGGUNAAN GAGDET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Penulis

  • Dini Rindiani Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Ajeng Rahayu Tresna Dewi Universitas Muhammadiyah Kuningan

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Gadget, Interaksi Sosisal Emosional

Abstrak

Penggunaan gawai pada anak dapat memberikan dampak positif bagi tumbuh kembangnya. Namun, tak mentup kemungkin bisa juag menjadi dampak negatif jika tidak pandai dalam menggunakannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana intensitas penggunaan gadget, mengetahui bagaimana interaksi sosial emosional anak, dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial emosional anal usia dini di RA Al-Fauzan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan desain Ex Post Facto. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu, seluruh siswa/i RA Al-Fauzan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan kuesioner dengan instrumen angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu, uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini, pengaruh penggunaan  gadget terhadap interaksi sosial emosional anak usia dini adalah 0,435 dengan nilai sigfinikaski 0.002 dengan kata lain tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap interaksi sosial. Hasil koefisiensi determinasi sebesar 0,232 atau 23,2% menunjukan bahwa penggunaan gadget mempengaruhi sekitar 23,2% dalam interaksi sosial emosional. Sebaliknya, 76,8% dari variasi dalam interaksi sosial emosional anak masih dipengaruhi oleh faktor lain di luar penggunaan gadget.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31