ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN MADRASAH (AM) BAHASA ARAB KELAS VIMI AL-KHALILI KABUPATEN BANDUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

Penulis

  • Neng Siti Najaliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fadhil Yaumil Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raden Anjasmara Putra Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Analisis Butir Soal, Daya Beda, Tingkat Kesukaran, Efektivitas Pengecoh, Analysis of Question Items, Different Power, Level of Difficulty, Effectiveness of Distracters

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis buti soal Asesmen (AM) Bahasa Arab Kelas VI di MI Al-Khalili Kab. Bandung Tahun Ajaran 2023/2024. Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif diperoleh hasil penelitian analsisi butir soal dengan daya beda soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa Arab Kelas VI di MI Al-Khalili Kab. Bandung Tahun Ajaran 2023/2024 terdapat 4 soal yang berkategori sangat rendah, 14 soal yang berkategori rendah, 10 soal yang berkategori cukup, dan 7 soal yang berkategori baik. Tingkat Kesukaran butur soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa Arab Kelas VI di MI Al-Khalili Kab. Bandung Tahun Ajaran 2023/2024 terdapat 1 soal yang berkategori sukar, 12 soal yang berkategori sedang, dan 22 soal yang berkategori mudah. Analisis efektivitas pengecoh kunci jawaban pada soal Asesmen Madrasah (AM) Bahasa Arab Kelas VI di MI Al-Khalili Tahun Ajaran 2023/2024 yang di gunakan tersebut terdapat 2 soal yang termasuak kedalam jenis soal Asesmen Madrasah (AM) yang di gunakan di MI Al-Khalili yaitu terdapat pada soal nomor 5 dan 6, kedua soal tersebut akan memiliki hasil kunci jawaban Di Tolak pada jawaban yang tidak dipilih oleh siswa. Hal ini di sebabkan karena dalam jawaban tersebut terdapat lebih dari satu kunci jawaban atau lebih dari satu jawaban yang benarnya.

This research aims to determine the analysis of questions for Class VI Arabic Assessment (AM) at MI Al-Khalili District. Bandung Academic Year 2023/2024. After conducting research using descriptive quantitative methods, the results of the research were analysis of question items with different strengths in Class VI Arabic Madrasah Assessment (AM) questions at MI Al-Khalili District. Bandung for the 2023/2024 Academic Year there are 4 questions in the very low category, 14 questions in the low category, 10 questions in the sufficient category, and 7 questions in the good category. Difficulty Level of Class VI Arabic Madrasah Assessment (AM) questions at MI Al-Khalili District. Bandung for the 2023/2024 Academic Year there is 1 question in the difficult category, 12 questions in the medium category, and 22 questions in the easy category. Analysis of the effectiveness of the deceptive answer key on Class VI Arabic Madrasah Assessment (AM) questions at MI Al-Khalili for the 2023/2024 academic year used. There are 2 questions that are included in the type of Madrasah Assessment (AM) questions used at MI Al-Khalili. Khalili is found in questions number 5 and 6, both questions will have the answer key result Rejected for answers that are not chosen by the student. This is because in the answer there is more than one answer key or more than one correct answer.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31