KETELADANAN PESERTA DIDIK SEBAGAI METODE PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS

Penulis

  • Abdillah Nasution UIN Sumatera Utara Medan
  • Aidil Fitra UIN Sumatera Utara Medan
  • Aribah Solin UIN Sumatera Utara Medan
  • Aruni Salsabila UIN Sumatera Utara Medan
  • Arum Dewi Rahayu UIN Sumatera Utara Medan
  • Eka Yusnaldi UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Keteladanan peserta didik, pendidikan karakter, Pembelajaran IPS

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang keteladanan peserta didik sebagai metode pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS. Pendidikan karakter sangatlah penting, karena dengan berkarakter manusia menjadi makhluk yang mulia dan istimewa dibandingkan dengan makhluk lain. Tujuan penulisan ini adalah untuk menerapkan sistem pendidikan karakter dalam proses pembentukan generasi yang baru  dan memiliki nilai karakter yang baik dan luhur melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka dan Internet Searching sebagai ( pencarian data dengan menggunkan komputer sebagai alat dan software pencarian pada server yang tersambung dengan internet yang ada diberbagai penjuru ). Hasil Pembahasan Pendidikan karakter dan pembelajaran IPS memiliki tujuan yang sama dan memainkan peran strategis dalam pembangunan karakter. Sekolah memberikan rutinitas harian yang mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai karakter, dengan guru yang bertindak sebagai teladan. Pembelajaran IPS berfokus pada pengembangan karakter, sikap, nilai, dan keterampilan siswa. Metode pembelajaran yang efektif dan relevan dengan perkembangan sosial harus digunakan agar pembelajaran menjadi menarik dan bermakna bagi siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30