PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Alat Peraga, Matematika SD, Kearifan LokalAbstrak
Alat peraga matematika merupakan suatu perangkat benda yang konkret dirancang dan disusun untuk mengilustrasikan konsep atau materi pembelajaran secara nyata sehingga siswa dapat belajar secara aktif, kreatif dan berpikir kritis. Alat peraga berperan sebagai perantara antara konsep abstrak yang diajarkan oleh guru dengan pemahaman siswa yang lebih konkret. Penggunaan alat peraga pada proses pembelajaran matematika SD sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan terhadap materi pelajaran yang disampaikan. Peneltian yang dilaksanakan bertujuan guna mengembangkan alat peraga bangun ruang pada pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif disertai studi kasus berbasis kearifan lokal. Teknik dalam penelitian ini menggunakan sampling dari siswa kelas V yang bersumber data rujukan baik dari jurnal, buku, dan modul ajar sehingga data-data dianalisis dengan mengklasifikasi kemampuan peserta didik dalam memahami informasi, memberikan pandangan dan menggabungkan hasil pemikiran yang didapatkan peserta didik mengenai matematika. Alat peraga atau media pembelajaran merupakan jaringan spasial yang akan membantu guru menjelaskan hal-hal yang lebih abstrak, memudahkan siswa memahami informasi, dan menjadikan pembelajaran lebih menarik. Selain itu, penggunaan media ini spasial juga memudahkan siswa dalam memahami bahasa karena pola spasial yang digambarkan dapat dilihat dan benar-benar diraba. Dengan alat peraga pembelajaran ini, materi bangun ruang bagi siswa SD di Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah akan terasa lebih visual, konkret dan mudah dipahami.