ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ANAK DISABILITAS AUTIS

Penulis

  • Anis Rahmawati Universitas Primagraha
  • Maseni Universitas Primagraha
  • Muhamad Abdul Roji Universitas Primagraha
  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha

Kata Kunci:

Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi, Strategi Pembelajaran

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus memiliki cara pandang tersendiri dalam mempelajari sebuah mata pelajaran. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (student with special needs), di mana membutuhkan suatu strategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing–masing. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi pustaka (library research). Studi pustaka merupakan metode yang mengumpulkan informasi atau data yang relevan dengan topik penelitian melalui dokumen-dokumen. Data pada artikel ini diperoleh melalui studi literatur berupa buku dan jurnal. Penelitian ini menemukan Yaitu: 1) Bagi sekolah agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan sekolah inklusi yang sudah berjalan demi terwujudnya pendidikan yang merata, 2) bagi orang tua yang memiliki siswa berkebutuhan khusus agar lebih memperhatikan perkembanganan anak baik akademik maupun non akademik, serta 3) bagi pemerintah agar lebih memperhatikan program pendidikan inklusi. Karena pada hakekatnya pendidikan bukan milik mereka yang mampu namun pendidikan adalah hak asasi setiap manusia di dunia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29