PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 08 MEDAN
Kata Kunci:
Batang Napier, Kesulitan BerhitungAbstrak
Salah satu penyebab kegagalan siswa dalam pembelajaran matematika adalah karena siswa tidak memahami konsep matematika atau memahaminya dengan cara yang salah, yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan konsep, baik yang disebabkan oleh guru maupun siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Batang Napier terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi perkalian dua bilangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Medan, yang dikumpulkan melalui tes dan observasi langsung. Syarat yang harus dipenuhi yaitu Uji-t harus memenuhi tiga persyaratan: (1) uji normalitas, (2) uji homogenitas, dan (3) u ji-t menggunakan uji sampel T independen. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh data yang dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS versi 16 diperoleh nilai yaitu yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak sehingga Ada Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas IV-C & IV-D SD Muhammadiyah 08 Medan pada Muatan Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2022/2023. Maka guru layak dan perlu menggunakan media pembelajaran batang napier dalam pembelajaran.