PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Choirin Nisa Universitas Esa Unggul
  • Nurul Febrianti Universitas Esa Unggul

Kata Kunci:

Berpikir Kreatif, Berbasis Proyek, Model Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan sampling purposive berjumlah 30 orang SDN Duri Kepa 11 Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi penerapan langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek dan tes uraian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 31,9 dan nilai rata-rata posttest sebesar 42,3. Nilai signifikansi pada pretest sebesar 0,129 dan signifikansi posttest 0,200 sebesar yang mengartikan bahwa masing-masing nilai signifikansi pada pretest dan posttest lebih dari 0,05. Pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29