MENYINGKAP KEUNGGULAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

Penulis

  • Ahmad Alfian Nurjamil UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ainaya Salsabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amelia Sukmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Cindi Julianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kamilatu Zahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Madrasah, Keunggulan, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk membahas keunggulan dari kurikulum merdeka yang diterapkan di madrasah. Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Kurikulum di Indonesia sendiri seringkali mengalami perubahan, hal itu terjadi demi menyempurnakan sistem pendidikan yang ada di Indonesia, sampai diterapkannya kurikulum merdeka, seluruh lembaga pendidikan tentu masih dalam tahap penyesuaian untuk menggunakan kurikulum yang baru. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode studi literatur. Metode studi literatur merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Kurikulum di Indonesia tercatat telah beberapa kali mengalami perubahan mulai dari tahun 1947 sampai kurikulum merdeka saat ini. Perubahan perubahan itu dilakukan untuk mewujudkan sistem pendidikan di Indonesia yang lebih baik dan sesuai dengan Masyarakat dan kebudayaan di Indonesia. Adapun Hasil studi menunjukkan beberapa kelebihan yang terdapat pada kurikulum merdeka dibandingkan dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29