PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
Kata Kunci:
Model Make A Match, Media Kartu Bergambar, Kemampuan Membaca PermulaanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh model make a match berbantu media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 221 Babakan Sentral. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas dari kelas II di SDN 221 Babakan Sentral berjumlah 40 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN 221 Babakan Sentral. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah purposive sampling. Hasil effect size dari penelitian ini adalah 2,44 dengan interpretasi efffect besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model make a match berbantu media kartu bergambar memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca perluaan pada peserta didik kelas II SDN 221 Babakan Sentral.