PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
Metode Bercerita dengan Media Gambar, Kemampuan BerbicaraAbstrak
Menurut pengamatan peneliti PAUD MAWAR, kemampuan berbahasa lisan anak belum berkembang secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dampak bercerita dengan menggunakan media gambar terhadap kemampuan bicara anak usia dini. Penelitian ini mengadopsi pendekatan eksperimental. Metode eksperimen menggunakan desain “pretest-posttest control group design”, yaitu dipilih dua kelompok, dan populasi penelitian adalah 62 anak prasekolah. Sampel penelitian ini adalah Kelas B yang berjumlah 41 anak yang terbagi dalam 2 kelas yaitu 20 anak Kelas B1 dan 21 anak Kelas B2. Teknik analisis data menggunakan uji t. Karena kedua sampel yang diuji relatif kecil maka tidak dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Oleh karena itu analisis data langsung menggunakan uji t. Diasumsikan menggunakan uji non parametrik yaitu Mann-Whitney tes, digunakan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa dk = n1+n2-2 = 21+20-2 = 39 dan taraf signifikasi ???? = 0,05 angka batas penolakan hipotesis dalam tabel t adalah 1,69, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 4,53, ternyata thitung > ttabel. Hal ini membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dankelas control. Hasil Uji Mann Whitney membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel,dengan tingkat signifikasi 5% adalah ± 1,96 , sedangkan nilai Zhitung yangdiperoleh - 3,09 , ternyata Zhitung < - Z ∝
2 hal ini membuktikan bahwa terdapatpengaruh yang signifikan kemampuan berbicara anak usia dini di kelas B1 danB2.