IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MIS AL-HASANAH LUBAN DOLOK KECAMATAN SIABU
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Berbasis Project, Kreativitas Siswa, Bilangan PecahanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis project terhadap peningkatan kreativitas siswa pada materi bilangan pecahan di MIS AL-HASANAH Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas III berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis project terhadap kreativitas belajar siswa pada materi bilangan pecahan. Kreativitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis project dapat dilihat dari rata-rata pre test 48,44 menjadi 76,04 pada nilai post test menunjukkan kenaikan kreativitas belajar siswa pada kelas experimen sebesar 59,97%.