IMPLEMENTASI MODEL ASYIK DALAM MENGENALKAN TANAMAN HIAS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AZ-ZAHRO

Penulis

  • Yani Suryani Universitas Panca Sakti Bekasih
  • Desi Dwi Jayanti Universitas Panca Sakti Bekasih
  • Eni Nuraeni Universitas Panca Sakti Bekasih
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasih

Kata Kunci:

Model ASYIK, Tanaman Hias, TK

Abstrak

Kematangan perkembangan anak menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam merancang
pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat digunakan sebagai strategi dalam menyampaikan
tujuan pembelajaran. Penerapan Model ASYIK dalam pengenalan tanaman hias anak usia dini sangatlah
tepat digunakan terutama pada saat menyampaikan materi tentang lingkungan alam. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana subjek pendidikan anak kelompok B usia
5-6 tahun TK Az-zahro yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2023. Data yang dikumpulkan berupa
dokumentasi dan catatan kegiatan. Penelitian ini membuktikan bahwa dalam pengenalan tanaman hias anak
usia dini meningkat melalui implementasi Model ASYIK dalam mempelajari lingkungan alam. Model
ASYIK adalah suatu rancangan pembelajaran khususnya pada anak usia dini melalui langkah-langkah atau
prosedur pembelajaran yang terstruktur secara sistematis dimulai dari kegiatan awal Kegiatan inti dan
kegiatan akhir yang di dalamnya terdapat unsur 3B (Bernyanyi, Bermain dan Bergerak) serta pemberian
reward yang tepat sehingga anak termotivasi untuk berkegiatan. Implementasi Model ASYIK ini
menghadirkan suasana yang menyenangkan sehingga kemampuan anak usia dini dalam mempelajari
lingkungan alam terutama dalam pengenalan tanaman hias dapat meningkat terlihat dari aspek kognitif
mereka yang berkembang sangat baik

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29