PERAN PENDIDIK DALAM KACAMATA FILSAFAT KI HADJAR DEWANTARA DAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Andi Nurul Adha Andika Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

ki hadjar dewantara, pendidikan, pendidik, kurikulum merdeka

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang Peran Pendidik dalam Kacamata Filsafat Ki Hadjar Dewantara dan Kaitannya dengan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakaan penelitian kepustakaan (library research) yang sumber datanya diperoleh dari bahan dokumen dan bahan pustaka dengan cara mengumpulkan berbagai sumber kepustakaan yang berasak dari buku-buku literatur mapun jurnal sebagai bahan referensi terkait penelitian yang dilakukan. Penelitian ini berfokus pada posisi bapak Ki Hadjar Dewantara sebagai sosok toko filsafat berkebangsaan Indonesia. Dia memberikan pandangannya terkait peran pendidik yaitu ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso dan Tut Wuri Handayani. Ia berpandangan bahwa pendidik bukan sekedar mengajarkan keilmuan tertentu, tapi dia juga harus dapat menjadi instrument perekat nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme, cinta tanah air, nilai religiusitas dan spiritualitas. Selain itu, guru harus menjadi tauladan bagi siswa, menjadi orang tua yang selalu membimbing anaknya, menjadi problem solver dalam setiap sumbatan pengetahuan dan wacana bagi orang-orang di sekitarnya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01