PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN CANGKANG TELUR DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MARUSU

Penulis

  • Nur Aisyah Universitas Muhammadiyah makassar
  • Nur Aisyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Wawa Febrianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yusran Rahmat Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

Pengembangan kemampuan kognitif pada anak usia dini

Abstrak

Kemampuan kognitif pada anak-anak menjadi aspek penting dalam pendidikan. Kegiatan meronce menggunakan cangkang telur menjadi perhatian dalam upaya untuk merangsang pertumbuhan kognitif pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengesplorasi dan meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui kegiatan meronce menggunakan cangkang telur. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Marusu.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil observasi penelitian pembelajaran pada kemampuan pengembangan kognitif pada anak melalui kegiatan meronce menggunakan cangkang telur di Kelas B4 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MARUSU Kec Marusu Kab Maros yaitu untuk siklus anak yang belum berkembang mencapai kemampuan kognitifnya sebanyak 5 0rang dari 20 anak dari kelompok B4.Hasil refleksi pada siklus II dapat di simpulkan, pada siklus II proses pembelajaran sudah cukup baik, hal ini di lihat dari kegiatan yang sudah mulai tertib dan anak sudah dapat fokus mengerjakan pembelajarannya, waktu yang di gunakan sudah mulai optimal dan anak sudah dapat bersemangat dan bersenang-senang dalam kegiatan meronce menggunakan cangkang telur.Pelaksaan kegiatan pengembangan kemampuan kognitif pada anak melalui kegiatan meronce menggunakan cangkang telur di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Marusu Kec. Marusu Kab. Maros menunjukkan kemampuan anak berada pada kategori cukup . pada siklus II menunjukkan kemampuan kognitif melalui kegiatan meronce menggunakan cangkang telur menunjukan kemampuan anak mulai berkembang sebesar 77% dengan kategori baik pada indikator dapat meronce dengan lancar menunjukkan kategori 72% pada indikator mengenal dan menyebutkan warna dari cangkang telur dengan kategori 74% dan indikator memahami dan mendengarkan penjelasan dari guru dengan kategori 6%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01