PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PRA MENULIS DI TK AISYIYAH TALAMANGAPE

Penulis

  • Syahraeni Universitas Muhammadiyyah Makassar
  • Intisari Universitas Muhammadiyyah Makassar
  • Nur Alim Amri Universitas Muhammadiyyah Makassar

Kata Kunci:

Kemampuan Menulis, Kartu Huruf, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah talamangape dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui media sand paper alphabet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian iniĀ  dilaksanakan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari enam kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 berjumlah 15 orang anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi aktivitas anak dengan menggunakan media sand paper alphabet.yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01