PENERAPAN TEKNIK MENGGAMBAR PERSPEKTIF DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI KELAS VIII SMP

Penulis

  • Erikson Belarmino Mitan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Yohanis Devriezen Amasanan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Bertolomeus Ali Asang Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Kata Kunci:

Teknik Menggambar Perspektif, Pembelajaran Seni Rupa, Proporsi Visual, Kemampuan Spasial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik menggambar perspektif dalam pembelajaran seni rupa serta mengetahui peningkatan kemampuan visual dan proporsi siswa setelah teknik tersebut diterapkan di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kupang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari tiga siswa dan guru seni budaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan teknik perspektif, siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep ruang, titik hilang, arah garis, dan proporsi objek. Namun, setelah penerapan teknik menggambar perspektif satu titik dan dua titik hilang melalui demonstrasi serta latihan bertahap, siswa menunjukkan peningkatan kemampuan dalam memvisualisasikan ruang secara realistis, menarik garis konstruksi dengan tepat, serta mengatur perbandingan ukuran objek berdasarkan jarak pandang. Dokumentasi hasil karya menunjukkan bahwa lebih dari 70% elemen visual sudah sesuai dengan kaidah perspektif linear. Selain itu, penerapan teknik ini juga meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran seni rupa. Dengan demikian, teknik menggambar perspektif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan visual-spasial, ketelitian proporsi, dan kualitas karya seni siswa.

This studyaims to describe the application of perspective drawing techniques inart education and to determine the improvement in students' visual andproportional abilities after the technique was applied in class VIII B of SMP Negeri 1Kupang. The research used a descriptive qualitative approach with three students and an art teacher as the research subjects. Data collection techniqueswere carried out through observation, interviews, and documentation. The results of the studyshowed that before the application of perspective techniques, students haddifficulty understanding the concepts of space, vanishing points, line direction, and object proportions. However, after applying the one-point and two-point perspective drawing techniquesthrough demonstrations and gradual practice, students showedimproved ability to visualize space realistically, drawconstruction lines accurately, and adjust the size ratio of objectsbased on viewing distance. Documentation of the results shows that more than70% of the visual elements are in accordance with the rules of linear perspective. In addition,the application of this technique also increased student interest and motivation inart learning. Thus, perspective drawing techniques are proven to beeffective in improving visual-spatial abilities, accuracy of proportions, and thequality of students' artwork.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30