PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN RUMUS FISIKA DI SMA NEGERI 5 KUPANG

Penulis

  • Yoani Reineldis Manek Universitas katolik Widya Mandira Kupang
  • Isabel Coryunitha Panis Universitas katolik Widya Mandira Kupang
  • Marthalena Efi Naben Universitas katolik Widya Mandira Kupang

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Menentukan Rumus, Siswa SMA, Fisika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa. Persoalan pendidikan di Indonesia terus berkembang dengan pemberlakuan kurikulum dan berbagai masalah yang dihadapinya. Guru dituntut dapat kreatif dalam memilih model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dan menekankan pada pemahaman konsep, bukan sekadar menghafal. Berdasarkan hasil observasi, rendahnya hasil belajar fisika di sekolah merupakan hal yang sudah biasa dijumpai dan ini merupakan masalah dalam proses belajar alam melaksanakan pembelajaran, seorang guru dituntut untuk terus mengembangkan metode dan keterampilan mengajar agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam proses belajar, yang pada akhirnya akan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru umumnya tidak variatif tanpa melihat kondisi siswa dan karakteristik materi yang diajarkan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini dijumpai pada SMA Negeri 5 Kupang tepatnya di kelas XI C, terutama pada bidang studi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada kelas XI C SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2025/2026.Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data numerik yang diperoleh dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dan hasil penelitian terdahulu yang disesuaikan dengan rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI C di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2025/2026.

This research aimed to explain the effect of applying based learning models Problem Based Learning to student learning outcomes Educational issues in Indonesia continue to evolve with the implementation of the curriculum and the various problems it faces. Teachers are required to be creative in choosing student-centred learning models that emphasise conceptual understanding rather than mere memorisation. Based on observations, low physics learning outcomes in schools are commonplace and this is a problem in the learning process. In implementing learning, teachers are required to continuously develop teaching methods and skills so that students are more interested and active in the learning process, which will ultimately achieve optimal learning objectives. The learning carried out by teachers is generally not varied, without considering the conditions of the students and the characteristics of the material being taught, thus impacting the low learning outcomes achieved by students. This is found at Kupang 5 State Senior High School, specifically in class XI C, especially in the field of physics. This study aims to improve students' physics learning activities and outcomes through the application of the problem-based learning (PBL) model in class XI C at Kupang 5 State Senior High School in the 2025/2026 academic year. The research approach used in this study is a quantitative approach to analyse numerical data obtained from student learning outcomes. Based on the results of this study and previous studies adjusted to the research questions in this study, it is concluded that the implementation of the PBL model in teaching physics in class XI C at SMA Negeri 5 Kupang in the 2025/2026 academic year has a positive impact on students' learning outcomes.The research approach used in this study was a quantitative approach to analyse numerical data obtained from student learning outcomes. Based on the results of this study and previous studies adjusted to the research questions in this study, it can be said that the application of the problem-based learning (PBL) model can improve the activities and learning outcomes of physics students in class XI C at SMA Negeri 5 Kupang in the 2025/2026 academic year.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30