PENERAPAN LATIHAN VOKAL UNISONO UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN SUARA PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 6 KUPANG TENGAH SATAP
Kata Kunci:
Vokal Unisono, Kekompakan Suara, Latihan Vokal, PTKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan latihan vokal unisono dalam meningkatkan kekompakan suara pada siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap. Masalah penelitian berawal dari rendahnya kemampuan siswa dalam menjaga kekompakan suara, ketepatan nada, serta kestabilan tempo saat bernyanyi berasama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksankan dalam dua siklus, setiap siklus mencakup tahan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa kelas VII A. Data diperoleh melalui observasi, tes kemampuan vokal, dan penilaian performa bernyanyi kelompok. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kekompakan suara siswa pada tiap siklus, yang tampak melalui peningkatan ketepatan nada, kekompakan ritme, dan kualitas vokal secara keseluruhan. Pada siklus I, nilai rata-rata kekompakan suara berada pada kategori baik, dan meningkat menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian, penerapan latihan vokal unisono efektif dalam meningkatkan kekompkan suara siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap.
This study aimed to determine the effectiveness of Tof the implementation of unison vocal exercises in improving vocal harmony in class VII A students of SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap. The research problem begins with the low ability of students to maintain vocal harmony, pitch accuracy, and tempo stability when singing together. This study uses a classroom action research (CAR) method which is implemented in two cycles, each cycle includes planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects were 29 class VII A students. Data were obtained through observation, vocal ability tests, and group singing performance assessments. The results of the study showed an increase in students' vocal harmony in each cycle, which was seen through an increase in pitch accuracy, rhythmic harmony, and overall vocal quality. In cycle I, the average value of vocal harmony was in the good category, and increased to the very good category in cycle II. Thus, the implementation of unison vocal exercises is effective in improving vocal harmony in class VII A students of SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap.




