PENGARUH KEBERHASILAN METODE SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA AL-MUTTAQIN

Penulis

  • Marsya Liza Amsillah Universitas Siliwangi
  • Devi Hayati Padilah Universitas Siliwangi

Kata Kunci:

Keterampilan Membaca, Metode SQ3R, Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian Observasi dan Tes dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keberhasilan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap keterampilan membaca peserta didik Kelas XII di SMA Al-Muttaqin. Fokus dari penelitian ini adalah Keberhasilan Metode SQ3R dan Keterampilan Membaca. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada di kelas XII MIPA 5 yang berjumlah 10 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  tes dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang dicapai dari total 10 peserta didik, yaitu jumlah keseluruhan nilainya 720, dengan rata-rata kelas 72. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum pencapaian kelas berada pada kategori baik. Oleh karena itu, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengaruh keberhasilan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca peserta didik Kelas XII di SMA Al-Muttaqin memberikan hasil positif. Selain itu, metode SQ3R dapat dinyatakan sebagai metode yang efektif dan layak diterapkan dalam pembelajaran membaca di tingkat Menengah Atas. Penelitian ini merekomendasikan agar guru  dapat menerapkan metode SQ3R secara konsisten dalam kegiatan belajar kuhusnya membaca, selain itu sekolah juga memberikan dukungan berupa pelatihan atau pendampingan bagi guru agar metode ini dapat dijalankan secara berkelanjutan.

This research is an Observation and Test research with the aim of knowing how the success of the SQ3R method (Survey, Question, Read, Recite, Review) influences the reading skills of Class XII students at Al-Muttaqin High School. The focus of this research is the Success of the SQ3R Method and Reading Skills. The subjects of this research were all students in class XII MIPA 5, totaling 10 people in the odd semester of the 2025 academic year. The data collection techniques used in this research were tests and documentation. The results of the research achieved from a total of 10 students, namely the total score of 720, with a class average of 72. This shows that in general the class achievement is in the good category. Therefore, based on the research that has been done, it can be concluded that the success of the SQ3R method on the reading skills of Class XII students at Al-Muttaqin High School gives positive results. In addition, the SQ3R method can be stated as an effective method and is worthy of being applied in reading learning at the High School level. This study recommends that teachers can apply the SQ3R method consistently in learning activities, especially reading. In addition, schools also provide support in the form of training or mentoring for teachers so that this method can be implemented sustainably.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30