PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS TEORI VAN HIELE MATERI BANGUN DATAR SMP NEGERI 8 KETAPANG

Penulis

  • Deby Lidiani Pendidikan Matematika STKIP Tanjungpura
  • Dian Rahmawati Pendidikan Matematika STKIP Tanjungpura
  • Hanuri Sakarti Pendidikan Matematika STKIP Tanjungpura

Kata Kunci:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Teori Van Hiele, Geometri, ADD

Abstrak

Kemampuan peserta didik di Indonesia dalam bidang matematika, khususnya topik geometri, masih menunjukkan performa yang kurang memuaskan. Informasi yang ada menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) konvensional yang digunakan saat ini kurang berhasil dalam membangun pemahaman dan menarik minat belajar peserta didik, sehingga diperlukan metode yang lebih kreatif dan menarik untuk memperbaiki kemampuan tersebut. Studi ini bermaksud merancang dan mengevaluasi kelayakan (termasuk validitas, praktikalitas, dan efektivitas) LKPD yang didasarkan pada teori Van Hiele guna meningkatkan keterampilan menyelesaikan masalah geometri bagi peserta didik SMP. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE. Tetapi hanya mencakup tahap ADD (Analisis, Desain, Pengembangan). Peserta penelitian adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Ketapang dengan fokus pada materi bangun datar segitiga. Alat yang digunakan mencakup kuesioner validasi pakar, kuesioner tanggapan peserta didik dan guru, serta tes hasil belajar. Data diolah untuk menilai validitas, praktikalitas, dan efektivitas LKPD. LKPD yang dibuat telah menyelesaikan langkah-langkah ADDIE, meskipun terbatas pada tahap pengembangan dengan penekanan pada visualisasi, analisis, dan deduksi informal sesuai teori Van Hiele. Evaluasi menunjukkan bahwa LKPD ini memiliki validitas yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,500. Praktikalitasnya juga sangat baik berdasarkan umpan balik peserta didik yang mencapai skor rata-rata 3,32, tanggapan guru dengan skor rata-rata 4,58, serta pengamatan yang mencapai ting. Lebih lanjut, efektivitasnya terbukti kuat, dengan 62% peserta didik berhasil mencapai tingkat kelulusan dalam hasil tes dari LKPD. Secara umum, LKS berbasis teori Van Hiele ini terbukti efisien dan mudah diterapkan dalam meningkatkan keterampilan geometri peserta didik, serta mendorong pembelajaran yang aktif dan bermutu.

The math skills of students in Indonesia, especially in geometry, are still showing disappointing results. Available data indicates that conventional Student Worksheets (LKPD) currently in use aren't effective at building understanding or sparking students' interest in learning, so there's a need for more creative and engaging approaches to improve these abilities. This study aims to design and assess the feasibility—including validity, practicality, and effectiveness—of LKPD based on Van Hiele's theory to boost geometry problem-solving skills for junior high school students. It uses the ADDIE development model created by Robert Maribe Branch, a professor expert in learning, design, and technology, but only covers the ADD stages (Analysis, Design, Development). The research subjects are seventh-grade students at SMP Negeri 8 Ketapang, focusing on the topic of triangle plane shapes. Tools employed include expert validation questionnaires, student and teacher response questionnaires, and learning outcome tests. Data was processed to evaluate the LKPD's validity, practicality, and effectiveness. The developed LKPD has completed the ADDIE steps, though limited to the development phase with emphasis on visualization, analysis, and informal deduction from Van Hiele's theory. Assessment results reveal that this LKPD has very high validity with an average score of 4.500. Its practicality is also excellent, based on student feedback averaging 3.32, teacher responses averaging 4.58, and observations reaching 100%. Furthermore, its effectiveness is strong, with 62% of students achieving mastery in the problem-solving test from the LKPD. Overall, this Van Hiele-based LKPD proves efficient and easy to implement in enhancing students' geometry skills, while promoting active and high-quality learning.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30