“MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN SAMBUTAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE TUTORING SYSTEM”
Kata Kunci:
Manajemen Pendidikan, Pengembangan Guru, Kecerdasan Buatan, AITS, TPACK, SDTAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen pengembangan kompetensi guru sekolah dasar melalui integrasi Artificial Intelligence Tutoring System (AITS) sebagai kerangka strategis transformasi pendidikan digital. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain fenomenologis melalui studi kasus terhadap 15 guru di Kecamatan Sambutan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen pelatihan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki sikap positif terhadap pembelajaran berbasis kecerdasan buatan, namun pemahaman konseptual mengenai AITS masih terbatas. Implementasi AITS terbukti meningkatkan efisiensi kerja, kreativitas mengajar, dan personalisasi pembelajaran, meskipun terhambat oleh kurangnya pelatihan formal dan infrastruktur digital. Secara teoretis, penelitian ini memperkuat relevansi konsep Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Self-Determination Theory (SDT) dalam menjelaskan keterkaitan antara aspek teknologi, pedagogi, dan motivasi guru. Model manajemen yang diusulkan berbasis human-centered AI management, di mana AITS berfungsi sebagai sistem kolaboratif yang memperkuat profesionalisme dan refleksi pedagogis guru. Integrasi efektif AITS memerlukan dukungan kelembagaan, kebijakan pelatihan berkelanjutan, dan kepemimpinan visioner untuk mewujudkan ekosistem pembelajaran adaptif berbasis data di era pendidikan digital.
This study explores the management of primary school teachers’ competency development through the integration of the Artificial Intelligence Tutoring System (AITS) as a strategic framework for digital education transformation. Employing a qualitative phenomenological approach, data were gathered from 15 teachers in Sambutan District using interviews, observations, and document analysis. The results indicate that teachers show positive attitudes toward AI-based learning, yet their conceptual understanding of AITS remains limited. Implementation of AITS improves efficiency, creativity, and personalized instruction, though challenges persist due to limited formal training and digital infrastructure. The findings affirm the relevance of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) and Self-Determination Theory (SDT) in linking technological, pedagogical, and motivational factors in teacher competency development. The study proposes a human-centered AI management model that positions AITS as a collaborative system enhancing professionalism and reflective pedagogy. Successful integration of AITS requires institutional support, continuous capacity building, and visionary leadership to establish an adaptive, data-driven learning ecosystem in the digital education era.




