PENDAMPINGAN PROGRAM INTERVENSI NUMERASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SULAHAN
Kata Kunci:
Numerasi, Motivasi Belajar, Video Edukatif, Pembelajaran Aktif, Sekolah DasarAbstrak
Kegiatan pendampingan program intervensi numerasi di kelas IV SD Negeri 4 Sulahan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep dasar numerasi siswa melalui penggunaan media video edukatif serta pendekatan belajar aktif. Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama beberapa pertemuan dan mendapat respon positif dari guru maupun siswa. Pada tahap awal, siswa terlihat pasif dan kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. Namun, setelah diterapkan media video kontekstual yang menampilkan aktivitas berhitung dalam kehidupan sehari-hari, siswa mulai menunjukkan antusiasme dan keberanian untuk berpartisipasi aktif. Mereka menjadi lebih bersemangat bertanya, berdiskusi, dan menuliskan hasil kerjanya ke papan di depan. Hasil pengamatan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep operasi hitung dan penerapannya secara kontekstual. Guru memberikan tanggapan positif karena kegiatan ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan inovatif. Dengan demikian, pendampingan numerasi berbasis media video edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar.
The numeracy intervention program mentoring activities in fourth-grade students at SD Negeri 4 Sulahan aimed to increase students' learning motivation and understanding of basic numeracy concepts through the use of educational video media and an active learning approach. The activities were implemented over several meetings and received positive responses from both teachers and students. Initially, students appeared passive and lacked confidence in expressing their opinions. However, after the implementation of contextual video media depicting daily arithmetic activities, students began to show enthusiasm and courage to actively participate. They became more enthusiastic about asking questions, discussing, and writing their work on the board. Observations showed an increase in students' ability to understand the concept of arithmetic operations and their contextual application. Teachers responded positively because this activity created a fun, interactive, and innovative learning atmosphere. Thus, numeracy mentoring based on educational video media has proven effective in increasing the motivation and numeracy skills of elementary school students.




