PENGARUH INTERNALISASI NILAI-NILAI PESANTREN DAN KETELADANAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRIWATI DI MA MU’ALLIMAT NWDI PANCOR

Penulis

  • Baiq Yuliana Rizkiwati Universitas Hamzanwadi
  • Dodi Ardiyantok Universitas Hamzanwadi
  • Erlina Yulastri Diani Universitas Hamzanwadi
  • Devi Aningtia Safira Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Habib Amar Universitas Hamzanwadi
  • Muhamad Juaini Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Internalisasi Nilai-Nilai Pesantren, Keteladanan Guru, Pembentukan Akhlak Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internalisasi nilai-nilai pesantren dan keteladanan guru terhadap pembentukan akhlak santriwati di MA Mu’allimat NWDI Pancor. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran pesantren dan guru dalam membentuk karakter santriwati yang berakhlakul karimah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, melibatkan 100 responden yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling dari total 1.143 santriwati. Instrumen penelitian berupa angket Google Form yang telah diuji validitas (r hitung > 0,30) dan reliabilitas (Cronbach’s Alpha = 0,872), menunjukkan instrumen layak digunakan. Analisis data menggunakan SPSS versi 22 melalui uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pesantren dan keteladanan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan akhlak santriwati, dengan nilai R = 0,345 dan R² = 0,119, yang berarti kontribusi kedua variabel sebesar 11,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Secara parsial, internalisasi nilai-nilai pesantren (Sig. = 0,015) dan keteladanan guru (Sig. = 0,049) keduanya berpengaruh signifikan. Penelitian ini menegaskan bahwa pembentukan akhlak santriwati merupakan hasil sinergi antara pembiasaan nilai-nilai pesantren dan keteladanan guru yang konsisten dalam lingkungan pendidikan Islam.

This study aims to determine the influence of the internalization of pesantren values and teacher exemplary behavior on the moral development of female students (santriwati) at MA Mu’allimat NWDI Pancor. The research is based on the importance of the pesantren and teachers’ roles in shaping students’ character in accordance with Islamic morals. This study employed a quantitative associative approach involving 100 respondents selected through proportionate stratified random sampling from a total population of 1,143 students. The research instrument was a Google Form questionnaire that had passed validity testing (r-count > 0.30) and reliability testing (Cronbach’s Alpha = 0.872), indicating that the instrument was valid and reliable. Data were analyzed using SPSS version 22 through multiple linear regression analysis. The results showed that the internalization of pesantren values and teacher exemplary behavior had a positive and significant effect on students’ moral development, with R = 0.345 and R² = 0.119, meaning both variables contributed 11.9% to the moral development of students, while the remaining variance was influenced by other factors. Partially, both the internalization of pesantren values (Sig. = 0.015) and teacher exemplary behavior (Sig. = 0.049) had significant effects. This study concludes that students’ moral development is the result of a synergy between the internalization of pesantren values and consistent teacher exemplarity within the Islamic educational environment.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30