PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS VII DI SMP SWASTA IMELDA MEDAN

Penulis

  • Naomi Panggabean Universitas Negeri Medan
  • Amry A. N. Manik Universitas Negeri Medan
  • Yulita Leona Sianturi Universitas Negeri Medan
  • Fevi Rahmawati Suwanto Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Power Point, Peluang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran power point interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilangsungkan pada kelas VII SMP Swasta Imelda Medan dengan menguji keefektifan media dan penelitian juga mengadakan validasi dengan menggunakan angket kepada 2 mahasiswa sarjana untuk menguji kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran power point interaktif. Data dikumpulkan melalui angket respon validator dan hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test. Produk yang dikembangkan sesuai dengan metode penelitian model pengembangan ADDIE berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint interaktif memiliki tingkat kevalidan sebesar 84% (kategori sangat valid), tingkat kepraktisan 87% (kategori sangat praktis), dan tingkat keefektifan dengan nilai N-Gain sebesar 0,63 (kategori sedang). Dengan demikian, media pembelajaran PowerPoint interaktif layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi peluang.

The purpose of this study is to develop interactive PowerPoint learning media. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research was conducted in class VII of Imelda Private Junior High School Medan by testing the effectiveness of the media and the research also conducted validation using a questionnaire to 2 undergraduate students to test the validity and practicality of the interactive PowerPoint learning media. Data were collected through validator response questionnaires and student learning outcomes through pre-test and post-test. The product developed in accordance with the ADDIE development model research method based on the results of the study shows that the interactive PowerPoint learning media has a validity level of 84% (very valid category), a practicality level of 87% (very practical category), and an effectiveness level with an N-Gain value of 0.63 (moderate category). Thus, the interactive PowerPoint learning media is feasible to use and effective in improving students' understanding of the material on probability.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30