PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Kata Kunci:
Mobile Lerning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Matematika, Teknologi DigitalAbstrak
Studi ini merupakan tinjauan pustaka yang mengkaji bukti keterkaitan pengaruh penggunaan mobile learning Dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika Siswa. Dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, Literatur review ini mengumpulkan dan menganilisis berbagai penelitian terkaiat jurnal dan artile ilmiah mengenai pengaruh penggunaan mobile learning dalam pembelajaran. maka sebagai penulis menelaah penelitian kuantitatif, kualitatif, serta artikel tinjauan sebelumnya. Yang menunjukkan bahwa mobile learning mampu memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan fleksibel. Hasil dari kajian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dalam penggunaan mobile learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa, baik secara kognitif, efektif maupun psikomotori. Selaian itu juga mampu meningkatkan minat, keterlibatan aktif, dan kolaborasi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan mobile learning dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasul belajar matematika siswa. Implementasi Literature Review ini diharapkan dapat mendorong guru lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi digital sebagau sarana pembelajaran di era modern ini.
This study is a literature review examining evidence of the relationship between the use of mobile learning and improving students' motivation and mathematics learning outcomes. With the current development of digital technology, this literature review collects and analyzes various studies from journals and scientific articles regarding the impact of mobile learning on learning. Therefore, the author examines quantitative and qualitative research, as well as previous review articles. These studies demonstrate that mobile learning can provide an interactive and flexible learning experience. The results of the study indicate a positive and significant impact of mobile learning on students' motivation and mathematics learning outcomes, both cognitively, affectively, and psychomotorically. Furthermore, it can increase student interest, active engagement, and collaboration. These findings suggest that mobile learning can be an effective alternative learning strategy to improve students' motivation and mathematics learning outcomes. The implementation of this literature review is expected to encourage teachers to be more creative in utilizing digital technology as a learning tool in this modern era.




