THE EFFECT OF THE AUDIO-LINGUAL LEARNING METHOD ON INCREASING STUDENT PRONUNCIATON (At The Eighth Grade Of Mtss Al-Mukhtariyah Bangun Raya)

Penulis

  • Sehat Andriani Nasution STKIP Padang Lawas
  • Ahmad Ripai Rangkuty STKIP Padang Lawas
  • Linda Efrina Nasution STKIP Padang Lawas

Kata Kunci:

Metode Audio-Lingual, Kemampuan Pengucapan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti terhadap metode dan media pengajaran yang kurang tepat dalam penerapan bahan ajar, karakteristik siswa, serta kurangnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam belajar pengucapan secara lebih aktif dan mandiri dengan menggunakan metode audio-lingual (2) mengetahui sikap siswa terhadap penggunaan metode audio-lingual untuk belajar pengucapan (3) mengetahui pengaruh yang signifikan pengajaran bahasa Inggris antara yang diajarkan dengan menggunakan Metode Audio Lingual dengan yang diajarkan tanpa menggunakan Metode Audio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, wawancara, dokumentasi dan lembar observasi. Instrumen tes unjuk kerja berupa pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pengucapan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dengan uji normalitas dan uji homogenitas, serta pengujian hipotesis menggunakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata skor pre-test sebesar 48,86 dan setelah dilakukan perlakuan diperoleh rata-rata skor post-test sebesar 80,09. Maka dapat disimpulkan terdapat hasil signifikan sebesar 31,23. Metode pembelajaran audio lingual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pronunciation siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai T sebesar 8,42 jika dibandingkan dengan T tabel pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 42 yaitu sebesar 1,68. Berdasarkan data tersebut, Thitung lebih besar dari T tabel atau (8,42 > 1,68), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran Audio Lingual terhadap peningkatan pronunciation siswa.

This research was motivated by researchers' anxiety about teaching methods and media that were not properly applied to teaching materials, student characteristics, and lack of student participation during the learning process. This research aims to: (1) increase students' ability and interest in learning pronunciation more actively and independently using the audio-lingual method (2) find out students' attitudes towards using the audio-lingual method to learn pronunciation (3) to determine the significant influence of language teaching English between those taught using the Audio Lingual Method and those taught without using the Audio Method. This research uses a quantitative approach, with a quasi-experimental type of research with a pretest posttest design. The data collection instruments used were performance tests, interviews, documentation and observation sheets. The performance test instrument is in the form of a pretest and posttest to measure pronunciation ability. Data analysis in this research uses descriptive statistical data analysis techniques with normality tests and homogeneity tests, and hypothesis testing using the T test. Based on the results of the research conducted by the researcher, it can be concluded that based on the calculation results, the average pre-test score was 48.86 and after treatment the post-test average was 80.09. So it can be concluded that there is a significant result of 31.23. The audio lingual learning method has a significant effect on improving students' pronunciation. The results of hypothesis testing using the t test show a T value of 8.42 when compared with T table at a significance level of 5% or 0.05 with degrees of freedom (dk) = 42 which is 1.68. Based on these data, Tcount is greater than Ttable or (8.42 > 1.68), so Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that there is a significant influence of the Audio Lingual Learning Method on improving student pronunciation.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30