IMPROVING STUDENTS' SPEAKING SKILL THROUGH PODCAST LEARNING MEDIA TO TENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 LEWOLEMA

Penulis

  • Vinsensia Ema Ruron Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka
  • Fransiska Jone Mare Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka
  • Germana Oreng Ritan Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka

Kata Kunci:

Podcast, Media Pembelajaran, Keterampilan Berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran podcast dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Banyak siswa masih mengalami kesulitan berbicara bahasa Inggris karena keterbatasan kosakata, kesalahan pelafalan, kurangnya kelancaran, serta rendahnya rasa percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lewolema dengan subjek 20 siswa kelas sepuluh pada tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, lembar observasi, dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan ditetapkan yaitu 75% siswa mencapai nilai minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berbicara siswa. Nilai rata-rata meningkat dari 45,45 pada pre-test menjadi 68,5 pada siklus pertama dengan 35% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua, nilai rata-rata meningkat menjadi 77,65 dengan 75% siswa memenuhi atau melampaui KKM. Temuan ini membuktikan bahwa podcast merupakan media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa, terutama dalam hal kelancaran, penguasaan kosakata, pelafalan, dan kepercayaan diri.

This research investigates the effectiveness of podcast learning media in improving students' speaking skills. Many students still face challenges in English speaking due to limited vocabulary, incorrect pronunciation, lack of fluency, and low self-confidence. The study employed Classroom Action Research (CAR) with Kurt Lewin's model, which consists of four stages: planning, acting, observing, and reflecting. It was conducted at SMAN 1 Lewolema with 20 tenth-grade students in the academic year 2024/2025. Data were collected using pre-tests, post-tests, observation checklists, and field notes. The success criterion was set at 75% of students achieving the minimum score of 75. The results revealed significant improvement in students' speaking ability. The mean score increased from 45.45 in the pre-test to 68.5 in the first cycle, with 35% of students passing the minimum standard. In the second cycle, the mean score rose to 77.65, with 75% of students meeting or exceeding the minimum score. These findings demonstrate that podcasts are effective and engaging media that can improve students' speaking performance, particularly in fluency, vocabulary mastery, pronunciation, and confidence.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30