ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS XC PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI I LEWOLEMA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Kata Kunci:
Gaya Belajar, Mata Pelajaran EkonomiAbstrak
Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas XC Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Lewolema Tahun Pelajaran 2024/2025 Gaya belajar merupakan cara peserta didik bereaksi dan menggunakan perangsang-perangsang yang diterimanya dalam proses belajar. Gaya belajar seseorang adalah kombinasi bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas XC pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lewolema tahun pelajaran 2024/2025. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas maka penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang ditemukan bahwa pelaksanaan gaya belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lewolema berbeda-beda. Hasil angket gaya belajar siswa di ketahui bahwa terdapat 9 atau 41% siswa dengan gaya belajar visual, 7 atau 32% siswa dengan gaya belajar auditorial dan 6 atau 27% siswa dengan gaya belajar kinestetik. Dengan demikian gaya belajar yang dominan dari siswa kelas XC di SMA Negeri 1 Lewolema adalah gaya belajar visual.
Learning style is the way students react and use the stimuli they receive in the learning process. A person's learning style is a combination of how they absorb, organize, and process information. The purpose of this study was to determine the learning styles of class XC students in economics at SMA Negeri 1 Lewolema in the 2024/2025 academic year. To achieve the above research objectives, the study used a descriptive qualitative research type. Data collection techniques used were questionnaires, interviews, and documentation. From the results of the study, it was found that the implementation of learning styles possessed by students in economics learning at SMA Negeri 1 Lewolema varies. The results of the student learning style questionnaire showed that there were 9 or 41% of students with visual learning styles, 7 or 32% of students with auditory learning styles, and 6 or 27% of students with kinesthetic learning styles. Thus, the dominant learning style of class XC students at SMA Negeri 1 Lewolema is a visual learning style.