STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DEMON PAGONG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Penulis

  • Yosefina Ese Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Margiana Dewi Maria Madonna Maran Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Mudmainna Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

Kata Kunci:

Strategi Guru, Minat Belajar

Abstrak

      Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Demon Pagong Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru-guru yang mengajar di kelas X di SMA Negeri 1 Demon Pagong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru menerapkan berbagai strategi seperti penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi (diskusi kelompok, tanya jawab, permainan edukatif), pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi, serta pendekatan personal dalam membangun hubungan emosional yang positif dengan siswa. Strategi-strategi tersebut mampu meningkatkan perhatian dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, strategi yang diterapkan juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan mendukung terciptanya keterlibatan siswa secara maksimal dalam setiap tahap pembelajaran. Dengan demikian, strategi guru yang komunikatif, kreatif, dan adaptif terbukti efektif dalam menumbuhkan minat belajar siswa.

This study was conducted to identify the strategies used by teachers to enhance the learning interest of Grade X students at SMA Negeri 1 Demon Pagong in the academic year 2024/2025. This research employed a qualitative descriptive approach with data collection techniques including interviews, observations, and documentation. The subjects of this research were teachers who taught Grade X at SMA Negeri 1 Demon Pagong. The findings showed that teachers implemented various strategies such as using diverse teaching methods (group discussions, Q&A sessions, educational games), utilizing technology-based learning media, and applying a personal approach to build positive emotional relationships with students. These strategies effectively increased students' attention and active participation in the learning process. Moreover, the applied strategies helped create a more interactive, enjoyable learning environment that supported maximum student engagement at every stage of learning. Therefore, communicative, creative, and adaptive teacher strategies proved effective in fostering students' learning interest.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30