PENGGUNAAN MEDIA” FLASH CARD” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 DI SDN 5 BESAKIH
Kata Kunci:
Membaca Permulaan, Media Flash Card, Peningkatan Hasil BelajarAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 5 Besakih melalui pemanfaatan media flash card. Masalah pembelajaran yang dihadapi yaitu rendahnya penguasaan siswa dalam mengenal huruf dan membaca kata sederhana. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes formatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar membaca: ketuntasan meningkat dari 29,41% pada kondisi awal, menjadi 52,94% setelah siklus I, dan mencapai 88,23% pada akhir siklus II. Hasil ini membuktikan bahwa media flash card efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Media ini memberikan stimulus visual yang menarik dan mempercepat pengenalan huruf dan kata secara menyenangkan.
This classroom action research was conducted to improve the beginning reading skills of first-grade students at SD Negeri 5 Besakih through the use of flash card media. The learning issue addressed was the students’ low mastery in recognizing letters and reading simple words. The research was carried out in two cycles, each consisting of the stages of planning, implementation, observation, and reflection.Data were collected through observation, formative tests, and documentation, and analyzed using descriptive quantitative methods. The results showed an increase in reading achievement: mastery improved from 29.41% in the initial condition to 52.94% after the first cycle, and reached 88.23% by the end of the second cycle.These findings demonstrate that flash card media is effective in enhancing early reading skills in elementary school students. The media provides engaging visual stimuli and facilitates enjoyable letter and word recognition.