PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 SONDER
Kata Kunci:
Motivasi, Kepuasan, KinerjaAbstrak
Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Sonder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Sonder. Teknik pengambilanm sampel Dari hasil analisis data menunjukan bahwa efek motivasi dan kepuasan bekerja pada guru di SMK Negeri 1 Sonder. Teknik pengambilan sampel non-probability dengan sampling jenuh, dimana seluruh populasi guru di SMK Negeri 1 Sonder dijadikan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan via Google Form. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid, dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa item variabel yang digunakan reliabel. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi dan kepuasan kerja mempengaruhi kinerja guru secara simultan. Namun secara parsial, hanya kepuasan kerja yang mempengaruhi kinerja guru sedangkan motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam mengembangkan strategi untuk meningkatkan kinerja guru dengan lebih fokus pada peningkatan kepuasan kerja mereka.
The effect of work motivation and job satisfaction on teacher performance at SMK Negeri 1 Sonder. This study aims to determine the effect of motivation and job satisfaction on teacher performance at SMK Negeri 1 Sonder. Sampling technique From the results of data analysis, it shows that the effect of motivation and job satisfaction on teachers at SMK Negeri 1 Sonder. Non-probability sampling technique with saturated sampling, where the entire population of teachers at SMK Negeri 1 Sonder is used as a sample. Data were collected through questionnaires distributed via Google Form. Data analysis was carried out using multiple linear regression with the help of SPSS software version 26. The results of the validity test showed that the instrument used was valid, and the reliability test showed that the variable items used were reliable. This study found that motivation and job satisfaction simultaneously affect teacher performance. However, partially, only job satisfaction affects teacher performance while work motivation does not have a significant effect on teacher performance. These findings are expected to help schools develop strategies to improve teacher performance by focusing more on improving their job satisfaction.