IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DIGITAL PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
Desain Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Digitalisasi, Society 5.0Abstrak
Implementasi desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis digital di era Society 5.0 menjadi isu sentral dalam upaya transformasi pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep, peluang, dan tantangan dalam implementasi desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis digital di era Society 5.0. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan mengkaji sumber-sumber ilmiah seperti jurnal, buku, artikel, dan laporan yang relevan dalam kurun waktu lima hingga delapan tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa desain pembelajaran PAI berbasis teknologi merupakan respons inovatif terhadap kebutuhan peserta didik generasi digital yang menghendaki pembelajaran yang kontekstual, fleksibel, dan interaktif. Implementasi teknologi seperti Learning Management System (LMS), aplikasi Al-Qur’an digital, gamifikasi, serta media sosial dinilai efektif dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran keagamaan. Peluang besar terbuka melalui pemanfaatan mobile learning, MOOCs, perpustakaan digital, hingga streaming kajian Islam. Namun, tantangan signifikan juga muncul, terutama terkait kompetensi digital guru, kebutuhan integrasi nilai-nilai Islam dengan teknologi, penguatan karakter dan etika, serta risiko penyebaran informasi keagamaan yang tidak valid. Oleh karena itu, desain pembelajaran PAI berbasis digital perlu dirancang secara strategis dan berlandaskan pada nilai-nilai Islam untuk menghasilkan generasi yang religius dan adaptif terhadap perubahan zaman.
The implementation of digital-based Islamic Education (PAI) learning design in the Society 5.0 era has become a central issue in efforts to transform education to be adaptive to technological developments. This study aims to conduct an in-depth examination of the concepts, opportunities, and challenges in implementing digital-based Islamic Education (PAI) learning design in the Society 5.0 era. The method used is a literature review, analyzing scientific sources such as journals, books, articles, and reports relevant to the past five to eight years. The results of the study indicate that technology-based PAI learning design is an innovative response to the needs of digital generation students who desire contextual, flexible, and interactive learning. The implementation of technologies such as Learning Management Systems (LMS), digital Quran applications, gamification, and social media is considered effective in expanding the reach and increasing student participation in religious education. Significant opportunities exist through the use of mobile learning, MOOCs, digital libraries, and streaming Islamic studies. However, significant challenges also arise, particularly regarding teachers' digital competencies, the need to integrate Islamic values with technology, character and ethical development, and the risk of spreading invalid religious information. Therefore, digital-based PAI learning design must be strategically designed and grounded in.